- Nama Lengkap : M Rizky Kertanegara, S.S., M.Si
- NIP : 198301152014041001
- NIDN : 0015018304
- Sinta ID : 6629560
- Pendidikan : S2 Ilmu Komunikasi
- Mata Kuliah : Pengantar Riset, Penulisan Naskah Iklan, Strategi Kreatif
Rizky Kertanegara merupakan pengajar pada program studi Periklanan, Jurusan Desain, Politeknik Negeri Media Kreatif sejak 2014. Ia menyelesaikan pendidikan sarjana pada Jurusan Sastra Perancis, Fakultas Sastra, Universitas Padjadjaran (2000), pendidikan diploma pada peminatan Penyiaran, Program Ahli Komunikasi Terapan (PAKT) Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran (2003) dan pendidikan Pascasarjana dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia (2009).
Sebelum menempuh karir di bidang akademis, Ia berkarier di jalur media dengan menjadi reporter dan redaktur inflight magazine Sriwijaya Air. Rizky memulai karier sebagai pengajar di Universitas Paramadina pada mata kuliah Riset Kualitatif, Statistik Komunikasi, dan Penyiaran Kontemporer.
Saat ini, Rizky berfokus pada pengembangan keilmuan bidang Periklanan dengan mengampu mata kuliah Riset Periklanan, Penulisan Naskah Iklan, dan Strategi Kreatif. Selain itu, juga melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berfokus pada pesan kultural dalam periklanan.
Publikasi Ilmiah
Prosiding
2014
- Pemakalah dalam Konferensi Nasional Komunikasi 2014, Komunikasi Politik: Menuju Demokrasi Indonesia Lebih Baik, Batam, 11-12 Maret 2014
- Presenter at 10th Biennal Convention of the Pacific and Asian Communication Association (PACA) 2014, Beyond Asia: Communicating Asian Culture to the World, Universitas Padjajaran Bandung, June 24-26, 2014
- Presenter at 1st International Conference on Business, Economic, and Social Sciences (ICBESS), Kuta, Bali, June 25-26, 2014
- Presenter at 1st International Conference on Corporate and Marketing Communication (ICCOMAC), Building Powerful Corporate Reputation to Reinforce Public Support, Universitas Atmajaya Jakarta, September 9 , 2014
2015
- Pemakalah dalam Conference and New Media Studies (Comnews) 2015, Peran dan Kontribusi Kajian Komunikasi dalam Era Komunitas ASEAN, Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, 19-20 Mei 2015
- Pemakalah dalam Konferensi Nasional Komunikasi, Kedaulatan Komunikasi: Konsep, Kerangka Kerja, Kreativitas Kaya Kultur, Solo, 11-13 Oktober 2015
- Presenter at 2nd International Conference on Corporate and Marketing Communication (ICCOMAC), Leveraging Communication Technology in Managing Diverse Communities, Universitas Atmajaya Jakarta, October 16 , 2015
2016
- Presenter at 11th Biennal Convention of the Pacific and Asian Communication Association (PACA) 2016, Future Paradigm Asia: Culture, Communication and Integration, Universiti Putra Malaysia, Sardang, July 21-24, 2016
- Presenter at 3rd International Conference on Social and Political Sciences (ICOSAPS) 2016, Universitas 11 Maret, Solo, November 2-3, 2016
2017
- Presenter at International Conference on 5th IBRAF Annual Meeting, Media for World Harmony, Universitas Padjajaran, Bandung, February 21-23, 2017.
- Presenter at Annual Conference: Communication, Media, and Culture (ACCOMAC), Universitas Islam Bandung, Bandung, July 20-21, 2017
2018
- Pemakalah pada Jambore Nasional Komunikasi, Optimalisasi Sinergi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi dengan Industri di Era Digital, Universitas Negeri Jakarta, 27-28 Maret 2018
- Presenter at 3rd International Conference on Creative Media, Design, & Technologi (REKA), Universitas 11 Maret, Solo, September 25, 2018
- Presenter at 1st ASPIKOM International Communication Conferences (AICCON), Communication: Asia Perspective, November 12-14, 2018
2019
- Pemakalah dalam Conference and New Media Studies (Comnews) 2019, Tutur Digital dalam Dominasi Generasi Millenial, Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, 13-14 Maret 2019
- Pemakalah dalam Call for Paper – Kongres V Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (Aspikom), Tantangan Pendidikan Komunikasi di Era Teknologi 4.0, Solo, 24-26 Juli 2019
- Presenter at International Communication Association (ICA) – Regional Conference, Searching for the Next Level of Human Communication: Human, Social, and Neuro (Society 5.0), Nusa Dua Bali, October 16-17, 2019
- Pemakalah dalam Seminar Media dan Komunikasi (Mediasi) 2019, Tantangan dan Peluang Media Komunikasi dalam Industri Kreatif, Politeknik Negeri Media Kreatif, Depok, 21 November 2019
Jurnal
2012
Kajian Perjodohan di Ruang Publik, Jurnal Konvergensi Universitas Paramadina, Vol 02/01, https://www.researchgate.net/publication/333668201_PERJODOHAN_DI_RUANG_PUBLIK_STUDI_RESEPSI_PEREMPUAN_INTELEKTUAL_TERHADAP_PROGRAM_TAKE_ME_OUT_DI_INDOSIAR
2013
Analisis Brand Associations Blackberry oleh Pengguna Perkotaan, Jurnal Konvergensi Universitas Paramadina, Vol 03/01, https://www.researchgate.net/publication/333668203_ANALISIS_BRAND_ASSOCIATIONS_BLACKBERRY_SEBAGAI_MEREK_PREMIUM_OLEH_MASYARAKAT_PERKOTAAN
2014
Gaya Retorika Peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat dalam membangun Personal Branding pada Facebook, Jurnal Communicare LSPR Jakarta, Vol 2/1, https://issuu.com/injectilo/docs/communicare_7-7-14/93
2015
Resepsi Laki-laki Urban Jakarta terhadap Konsep Laki-laki Gentroseksual di Majalah FHM, Jurnal Commline Universitas Al-Azhar Indonesia, Vol VI/1, https://www.researchgate.net/publication/333668462_RESEPSI_LAKI-LAKI_URBAN_JAKARTA_TERHADAP_KONSEP_LAKI-LAKI_GENTROSEKSUAL_DI_MAJALAH_FHM
2016
Radio Broadcasters Credibility as Spokesperson Raising the Adlibs, Interact Journal on Communication Atmajaya University Jakarta, Vol.5/1, http://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/interact/article/view/692
Penggunaan Alih Kode dan Campur Kode sebagai Strategi Daya Tarik Iklan pada Majalah Gaya Hidup Cosmopolitan, Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 1, No. 2, http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jurnalmembaca/article/view/2729
2018
Penggunaan Clickbait Headline pada Situs Berita dan Gaya Hidup Muslim dream.co.id, Mediator: Jurnal Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung, Vol. 11, No. 1, https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/2751
Clickbait Headline and its Threat in the National Resilience, CoverAge: Journal of Strategic Communication, Vol 8, No.2, http://journal.univpancasila.ac.id/index.php/coverage/article/view/590
2020
Pengaruh Tingkat Literasi Media terhadap Perilaku Penyebaran Hoax di Kalangan Generasi Z (Studi pada Siswa SMAN 4 Depok), Jurnal Konvergensi Universitas Paramadina, Vol 2, No 1, http://journal.paramadina.ac.id/index.php/IK/article/view/449
The Audience’s Response to Gender Relation Campaign of Ketchup Brand on Youtube, Jurnal Ilmu Komunikasi UltimaComm, Vol 12, No 1, http://ejournals.umn.ac.id/index.php/FIKOM/issue/view/173
The Reception of ‘Hijab Halal’ In Advertising Campaign by the Young Muslim in Indonesia, Human Communication, A Journal of the Pacific and Asian Communication Association, Vol 3, Issue 1, http://pacascholars.com/journal5.html
Chapter Buku
2019
PUBLIC RELATIONS DAN PERIKLANAN MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 , Pesan Kesadaran Kesetaraan Gender Dalam Kampanye Periklanan. http://aspikom.org/e-book-kongres-v-aspikom/