Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Setiap lulusan program diploma 3 periklanan memiliki capaian pembelajaran sebagai berikut

  • SIKAP (S)
    1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
    6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
    9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
    10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  • PENGUASAAN PENGETAHUAN (P)
    1. Konsep teoritis komunikasi secara umum
    2. Prinsip dan teknik berkomunikasi menggunakan media cetak, audio, audio visual, online, dan luar ruang
    3. Konsep, prinsip, teknik, dan prosedur kerja dalam proses produksi iklan untuk media cetak, audio, audio visual, online, dan luar ruang yang meliputi: proses kreatif pembuatan isi pesan iklan dan proses produksi materi iklan untuk berbagai jenis media
    4. Konsep, prinsip, teknik, dan prosedur kerja dalam proses pembelian media, penempatan iklan, bina usaha, dan monitoring iklan untuk berbagai jenis media
    5. Pengetahuan faktual tentang norma, hokum, dan kode etik di bidang periklanan
    6. Pengetahuan faktual tentang perkembangan teknologi mutakhir terkait dengan bidang periklanan
    7. Prinsip dan pengetahuan prosedural studio dan kegiatan laboratorium, serta pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
  • KETERAMPILAN UMUM (KU)
    1. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku
    2. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur
    3. Mampu menyelesaikan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri
    4. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan
    5. Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya
    6. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
    7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri
    8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
  • KETERAMPILAN KHUSUS (KK)
    1. Mampu melakukan perancangan kreatif berbagai jenis iklan untuk media cetak, audio, audio visual, online, dan luar ruang dengan mengacu kepada norma, hukum, dan kode etik periklanan yang berlaku
    2. Mampu menjalankan proses produksi berbagai jenis iklan untuk media cetak, audio, audio visual, online, dan luar ruang dengan mengacu kepada norma, hukum, dan kode etik periklanan yang berlaku
    3. Mampu menjalankan proses pemilihan media, penempatan media, dan pembelian media sesuai standar dan prosedur yang ditentukan untuk mendukung suatu kegiatan periklanan yang efektif dan efisien
    4. Mampu menjalankan proses bina usaha periklanan sesuai standar dan prosedur yang berlaku dalam rangka membangun kepercayaan, hubungan baik, dan keberlanjutan kerjasama dengan klien maupun calon klien
    5. Mampu melakukan evaluasi atas aktivitas-aktivitas dalam proses perancangan, produksi, pembelian media, dan bina usaha periklanan dengan mengacu kepada prosedur dan standar yang berlaku